ANDA MEMASUKI WEBLOG PRIBADI RIZKHY WAHYUDI

Valentine's Day: Valentine’s Day
Valentine's Day
14 Februari Adalah Hari yang ditunggu seluruh manusia di dunia. Yakni, Hari Valentine yang sudah tak asing lagi ditelinga masyarakat. Dengan sentuhan kata-kata, dan bingkisan, serta bunga yang khas dapat melumpuhkan hati seseorang pada saat itu. Dapat dikatakan sebagai hari kasih sayang, namun tak meluputkan pula bagi para jomblo-wan dan jomblo-wati untuk saling bertukar bingkisan..
Sunday, February 11, 2007
Valentine’s Day

Resto & Kafe Tawarkan Suasana dan Hadiah Romantis


Hari Kasih Sayang (Valentine’s Day) bermula sewaktu Charles, Duke of Orleans tahun 1415 sangat rindu kepada isterinya kemudian mengirimkan puisi berupa surat cinta yang merupakan sentuhan kasih sayang ke Prancis. Sejak itulah mulai Valentine’s day di Inggris dan akhirnya diperingati di seluruh belahan dunia. Peringatan ini dijalani dengan berbagai cara, ada melalui surat, kembang, coklat, permen, makanan atau hadiah dengan lambang cinta.


Kalau 15 tahun lalu di Indonesia Valentine’s day hanya dirayakan oleh kalangan tertentu saja, jangankan orang kebanyakan kalangan berduit saja kayaknya masih masa bodoh. Ada juga yang berpikir hari kasih sayang itu hanya dirayakan diluar negeri saja, di Indonesia siapa yang peduli! Tetapi mungkin Indonesia kini sudah lebih modern atau tidak mau ketinggalan dengan negara lain, sejak lebih kurang satu dekade ini Indonesia sudah ikut merayakannya.


”Any time that is not spent on love is wasted, if you want to be loved be loveable.” Waktu yang tidak diberikan untuk cinta adalah sia-sia, jika anda ingin dicintai jadilah orang yang mudah mencintai. Gabungan ungkapan puisi cinta dari dua pujangga barat Tasso dan Ovid yang artinya kurang lebih demikian ini yang berada dalam kue semprong tart buah cherry Amarena dan Ricotta hidangan penutup (dessert) yang dihidangkan oleh Executive Chef Eduard Betz di resto Itali Bruschetta, Hotel Borobudur, Jakarta.


Tidak hanya itu Valentine’s menu resto Bruschetta menyediakan hidangan Itali dan di setiap mejanya diberikan lilin agar suasana terasa lebih romantis. Eduard kelahiran Jerman dan memperisterikan Suswati asli Jakarta sejak 9 tahun lalu ini mempunyai seorang putri. Keberadaan putrinya ini membuat ia merasa betah tinggal di Indonesia.


Setiap makanan yang disediakan khusus pada hari kasih sayang ini adalah kreasinya sendiri. ”Semua ini adalah kreasi dan hak paten dari hotel Borobudur, ” ujarnya.
Public Relations Director Yanti Sri Hadini menyatakan Eduard tidak hanya dikenal oleh para karyawan hotel, tetapi juga para tamu yang sering berkunjung di hotel ini.


Oleh Eduard untuk hidangan pembuka (appetizer) Valentine’s disediakan Togetherness, dalam piring diletakkan dua pasang angsa terbuat dari pastry yang terlihat romantis yang diisi dengan ikan salmon asap dicampur dengan krim keju parfait dikombinasikan dengan aragula selada dan disiram dengan Italian Dressing.
Untuk sup disediakan ravioli berbentuk hati (ravioli hearts) berisikan bebek panggang dicampuri kaldu ayam kemudian ditaburi daun rempah oregano segar. Hidangan utama dari set menu ini dinamai Devotion, ini merupakan perpaduan daging sapi muda (veal) piccata dan buffalo mozzarella cheese disajikan dengan spaghetti dua warna dan saus tomat serta kemangi. Sambil bersantap malam dalam suasana romantis diiringi lagu-lagu melodi melankolis dari Jazz Trio, khusus bagi tamu wanita akan diberikan hadiah spesial valentine.


Sedang di resto Singosari yang bersebelahan dengan kolam renang kepada tamu disajikan prasmanan (buffet) berupa barbekyu (BBQ) variasi antara seafood, daging, ayam dan sosis. Selain itu di Borobudur Gourmet dalam suasana valentine disediakan berbagai gula-gula coklat (praline) yang menggiurkan sejak tanggal 4 hingga 15 Febuari 2002.


Di Aston Atrium Hotel, Jakarta untuk hari kasih sayang ditawarkan Classic Valentine’s set menu oleh Executive Chef Legiyo Kustanto. Dimulai dengan hidangan pembuka Love Me Tender, disajikan beef carpaccio and green salad bersama dengan parmesan cheese and virgin oil.


Daging carpaccio yang dimasak medium rare yang diiris kira-kira setebal 1-1,5 cm yang disusun melingkar dan di tengah-tengahnya diberikan sayur-sayuran segar antara lain wortel, lobak, ketimun atau lainnya, sebelum disajikan ditaburi keju parmesan dan minyak sayur murni.


Sup yang disajikan brocoli cream, rasanya sangat gurih dipadukan dengan udang rebus. Hidangan utama dapat dipilih dari dua yakni daging has panggang yang diberi irisan kotak sayur-sayuran. Disajikan dengan kentang dan anggur merah atau ikan Salmon panggang dengan sayur yang sama dengan daging, untuk sausnya diberikan saus udang. Sebagai hidangan penutupnya, Chef Legiyo yang mempunyai pengalaman 16 tahun di Jakarta Hilton International menyediakan The Kiss alias Tiramisu in the bowl bersama kembang terbuat dari coklat.


Tidak hanya itu Aston Atrium Hotel juga disediakan anggur selamat datang bagi para tetamu, foto langsung jadi untuk tamu berpasangan, permainan dan door prizes yang hadiahnya adalah tiket pesawat dari Merpati Nusantara ke Bali dan menginap 2 malam gratis di Aston Bali Resort & Spa.
Sementara itu di Italian Restaurant Il Mare, Hotel Mulia Senayan, Chef Gabrielle Noe juga menyajikan masakan spesial khusus untuk Valentine’s. Hidangan pembuka adalah oyster atlantik yang dimasak ala Itali dengan dilapisi tepung roti (bread crumb), kemudian digoreng dan setelah itu disiram dengan saus tomat segar. Disusul dengan hidangan crepes roll berisikan ikan Salmon goreng dengan saus watercress.
Untuk hidangan utamanya disediakan daging tournedos dengan keju Camembert dengan cuka balsamic dan saus jamur hutan, disajikan dengan kentang masak ala Lyonnaise. Sedang hidangan penutup diberikan kue apple crumble dengan rum dan es krim raisin serta saus bailey’s.


Di Redtop Hotel sebagai hidangan pembuka diberikan beberapa pilihan antara lain hidangan cemilan Jepang sushi dan sashimi yang terbuat dari ikan, udang cumi, telur dan California roll, maki ukuran besar juga disajikan. Selanjutnya selada dan asinan Korea (kimchi) disejajarkan sebagai sajian untuk hidangan pembuka, pada menu disediakan beberapa macam kimchi antara lain kol, wortel, daikon, ketimun muda, jagung muda. Untuk saladnya disediakan antara lain: Wakame,Thai seafood, Thai pepaya dan ubu-ubur salad. Juga tersedia soto sulung dan soto Thailand yang populer, Tom yam.


Untuk hidangan utamanya, The Main Affair, disediakan berbagai masakan antara lain grill sirloin with black pepper sauce, baked crispy chicken with spice, broiled Gindara fish with BBQ sauce, mie capcay, Thai fried rice. Dua stall untuk tempura dan duck carving yang tersedia lengkap dengan sausnya. Dan untuk hidangan penutup tersedia almond pudding, strawberry cheese cake, lemon meringe, assorted fruit cut dan es puter.


Jakarta Hilton International menyediakan Cupid Gala dinner, dibuka dengan terrine duck liver, braised pears accompanied of spring lettuce salad and walnut’s dressing, tomato consomme garnishsed with shark’s fin ravioli or cream of lobster and quennele of mushroom.


Tiga hidangan utama tersedia yakni beef tenderloin red wine glace sauteed mushrooms garnished spring vegetable and potato gratin atau oven baked duck breast with gallette of cheese potatoes, green vegetables and honey sauce atau minute seared fillet of john dory with beetroot ratatouille green tea noodles an saffron velvet sauce. Dan untuk hidangan penutup Executive Chef Michelle Camy yang begitu populer di Hilton menyediakan blueberry and apple strudel served with a homemade cinamon ice cream.


Sedang Restaurant Itali Marqaux di Hotel Shangri-la menyediakan carpaccio ikan salem dan remis laut dengan saus cuka telur ikan, juga sup krim jamur dan truffle hitam sebagai hidangan pembuka. Dua pilihan untuk hidangan utama yaitu ikan salem lapis madu yang disajikan dengan nasi risotto, sayuran dan saus tomat jeruk lemon atau daging sapi muda panggang dengan tumis jamur morel dan saus krim madeira.
Sedang hidangan penutup tersedia strawberry dengan saus coklat, tart mini isi buah markisa dan es krim vanila dalam keranjang kacang almond, di samping itu teh atau kopi dan aneka coklat disediakan.Lain lagi di Hotel President, Public Relation Manager Bintang Setara Bulan menyatakan untuk menyambut hari kasih sayang (Valentine’s Day) pihaknya menyediakan tiga tempat yakni di Tropika Coffee Shop, di Kahyangan Shabu-Shabu Restaurant dan Monpetit Pastry Shop.


Jujur saja, kalau kita lihat untuk lebih mengenang dan juga mau lebih merasakan suasana romantis, maka yang paling cocok mencoba di Resto Kahyangan shabu-shabu, karena resto ini memakai tiga lantai yakni lantai 28, 29 dan 30. Kalau di lantai 28 dan 29 para tamu sambil bersantap dapat melihat-lihat pemandangan keluar bundaran Hotel Indonesia dan seluruh jalan Thamrin serta sebagian lapangan Monas, di lantai 30 lebih leluasa lagi pemandangannya karena seluruh bagian sekitar hotel dapat dilihat. Apalagi di lantai 29 ada meja untuk dua tamu yang sengaja ditaruh di pinggir jendela agar lebih jelas lagi melihat keluar.


Menurut Bintang Setara Bulan hampir setiap Valentine resto ini selalu penuh (full house) karena itu banyak tamu yang telah mencatat nama (booking) jauh hari sebelumnya. Untuk hidangan utamanya, ditawarkan romantic shabu-shabu khayangan atau sweet heart sukiyaki.


Sedang di Tropika Coffee Shop ditawarkan berbagai hidangan mulai dari valentine’s salad seafood, romantic tomato cream soup dengan rasa sereh. Dan untuk hidangan utamanya, disediakan daging has panggang dengan pesto jamur atau salmon panggang dengan selada segar yang disajikan bersama lemon madu. (SH/Indra Rondonuwu)
posted by rizkhey wahyudi @ 5:26 AM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
 
My Menu In Blog's
Previous Post
Archives
Shoutbox

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Duis ligula lorem, consequat eget, tristique nec, auctor quis, purus. Vivamus ut sem. Fusce aliquam nunc vitae purus.

Links
Powered by

Isnaini Dot Com

BLOGGER